a. Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang
suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang
bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.
Dewasa ini, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat
memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs
web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa dibatas
waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat
mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line.
Karena hal itulah E Commerce menjadi tanpa batas, Selanjutnya.
b. Transaksi anonim
Apakah arti anonym, secara mudah adalah para penjual dan pembeli dalam
transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya.
Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah
diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan,
pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa
dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya.
Sudah canggih pokoknya sekarang.
c. Produk Digital dan Non Digital
Produk digital, penjelasannya adalah produk-produk
digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat
digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload
secara elektronik. Sedangkan produk non digital adalah dalam
perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet meliputi
barang-barang kebutuhan lainnya.
d. Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang
tak berwujud (intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual
melalui internet. Namun setelah Anda deal bertransaksi tentunya barang
akan berwujud dan berada ditangan Anda, selanjutnya apalagi kalau tidak
buru buru dipakai.
Sumber:
http://ssbelajar.blogspot.com/2013/12/Pengertian-Contoh-dan-Karakteristik-E-Commerce-di-Indonesia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar