Beberapa contoh penggunaan aplikasi multimedia dalam dunia pendidikan:
Kamus Multimedia ElektronikKamus
multimedia elektronik merupakan salah satu contoh bagaimana multimedia
boleh digunakan bagi tujuan pendidikan. Berbeda dengan kamus biasa,
kamus multimedia elektronik akan memaparkan makna dari suatu perkataan
atau istilah yang dikehendaki dengan menggunakan berbagai media seperti
audio,video, grafik dan animasi sehingga dapat dilakukan dengan lebih
mudah dan berkesan
Eksperiman atau Ujikaji
Penggunaan
media seperti video dan animasi dalam sebuah proses eksperiman
memperbolehkan pelajar untuk memahami dan menguasai konsep dengan lebih
mudah.
Simulasi Proses Kerja
Terdapat berbagai jenis aplikasi yang
memanfaatkan teknik simulasi yang boleh digunakan bagi tujuan
pendidikan contohnya adalah simulasi penerbangan yang sering digunakan
dalam latihan sistem penerbangan. Simulasi penerbangan ini
memperbolehkan bakal pilot mengalami latihan seperti dalam keadaan yang
sebenarnya yang meliputi audio, visual, interaktiviti dan sebagainya.
Bahan Sejarah
Belajar
sejarah juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan bantuan
multimedia karena bahan-bahan sejarah boleh direkabentuknmya untuk
menghasilkan persembahan secara lebih hidup dengan menggabungkan konsep
gambar , animasi 3D dsb. Juga dapat dilihat pula video tentang keadaan
sebenarnya tanpa perlu bergerak atau melawat ke lokasi sebenarnya yang
mungkin sulit untuk dituju.
Sumber Rujukan Elektronik
Sumber
rujukan elektronik merupakan contoh penggunaan multimedia yang paling
meluas digunakan. Ensiklopedia, tutorial interaktif, buku elektronik
merupakan beberapa contoh bagaimana multimedia boleh digunakan sebagai
sumber rujukan elektronik. Kebanyakan aplikasi sumber rujukan ini
menyediakan komponen multimedia yang boleh memberikan hasil maksimal
melalui penggunaan kesan bunyi , suara, gamabr, video, dan animasi.
Pendidikan Permainan dan Hiburan
Proses
pengajaran dan pembelajaran menjadi semakin menarik sekiranya ia
diselang selingkan dengan elemen-elemen yang menghiburkan serta mampu
memikat hati pelajar. Ini dapat diperoleh dengan aplikasi multimedia
pendididkan yang menggunakan pendekatan berhibur sambil belajar ataupun
bermain sambil belajar. Misalnya permainan yang dapat merangsang
pemikiran pelajar dalam menyelesaikan masalah dll.
Sumber:
http://kunai27.blogspot.com/2007/11/contoh-aplikasi-multimedia-dalam.html
Thanks Infonya sangat bermanfaat!!
BalasHapusPT. Optima Solusindo Informatika memproduksi dan men Jual Software pendidikan untuk siswa TK, SD, SMP, SMA dan umum. Software Pendidikan interaktif dan Media Belajar Digital yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah mengerti materi pelajaran yang diberikan.
Thanks infonya
BalasHapus