1. Tokopedia
Tokopedia.com
adalah salah satu jaringan toko online terbesar di Indonesia yang
dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Didirikan oleh William
Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009,
Tokopedia.com pertama kali dapat diakses oleh publik dalam versi beta
pada tanggal 17 Agustus 2009.
Saat ini Tokopedia berhasil menjadi situs marketplace online
dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, yakni di peringkat
55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Selain itu, Tokopedia juga telah memiliki lebih dari 20 ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar, dan ratusan ribu produk.
Hebatnya
lagi, pada awal masa berdirinya, selama periode Agustus 2009 hingga
Agustus 2010 Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir Rp. 6
miliar.
2. TokoBagus
Tokobagus.com
merupakan situs iklan baris yang berbasis di Indonesia. Situs web ini
merupakan perusahaan yang diinvestasi oleh Myriad International Holdings
(MIH), yang tak lain adalah investor dari Situs web jual beli online Multiply.
Di
situs ini, pengguna dimungkinkan untuk mengiklankan berbagai macam
jenis barang yang ingin dijual. Dalam melakukan transaksi, baik penjual
maupun pembeli tidak dikenakan biaya. Pertama kali hadir di tahun 2005,
saat ini TokoBagus.com diklaim memiliki lebih dari 100 ribu pengunjung
tiap harinya.
TokoBagus.com sendiri mendapatkan keuntungan dari
iklan komersial dan biaya keanggotaan premium yang ditawarkan bagi
pengguna aktif.
3. Berniaga
Layaknya TokoBagus.com, Berniaga.com juga merupakan situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli online.
Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah
perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore
Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM).
Forum
jual beli ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan
pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti,
kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya. Situs jual beli dan pasang
iklan gratis berslogan "Jual beli mudah di berniaga.com" ini sendiri
berfungsi untuk menjembatani dan mempermudah proses transaksi antara
penjual dengan pembeli.
4. Bhinneka
Bhinneka.com adalah toko online yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Sistem penjualannya sendiri didukung oleh toko offline
Bhineka yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta sehingga
dapat dikunjungi secara langsung oleh para konsumen yang tak memiliki
akses terhadapa jaringan internet.
Saat ini Bhineka.com sudah sangat berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini diklaim hanya sekitar 2 persen dari total kunjungan online perharinya.
5. Lazada Indonesia
Lazada sendiri adalah jaringan toko online
yang bermuara pada perusahaan raksasa ritel asal Jerman bernama Rocket
Internet. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Lazada pertama kali
hadir pada tahun 2012 kemarin. Toko online yang dikenal sebagai
Amazon-nya Asia ini menyediakan berbagai jenis produk apapun. Mulai
dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk
kecantikan.
6. Zalora Indonesia
Zalora Indonesia merupakan toko online yang mengkhususkan diri pada kebutuhan fashion. Zalora menawarkan beberapa produk dari beragam brand
terkenal, baik produk lokal maupun internasional. Zalora Indonesia
didirikan pada tahun 2012 lalu yang merupakan satu dari cabang situs
belanja online terbesar Eropa bernama Zalando. Zalando sendiri ternyata merupakan salah satu anak perusahaan dari
Rocket Internet yang juga merupakan perusahaan induk dari Lazada
Sumber:
http://tekno.liputan6.com/read/672273/6-situs-e-commerce-yang-mendominasi-pasar-online-indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar