Jumat, 10 Januari 2014

Contoh E-Commerce

a. B2B
adalah transaksi antar perusahaan yang menggunakan EDI dan email untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis, selain itu juga untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan konsultasi.

contoh website-nya :
ALIBABA (alibaba.com)
EC PlAZA (ecplaza.net)
ECROBOT (ecrobot.com)
EC 21 (ec21.net)
FOREIGN-TRADE (foreign-trade.com)


b. B2C
adalah transaksi dengan menggunakan internet dimana transaksi ini termasuk penjualan dengan pembeli individu ,karakter yang paling singnifikan dari b2c adalah kemampuan untuk menciptakan hubungan langsung dengan konsumen tanpa melibatkan medium (perantara) seperti distributor, pedagang grosir.

contoh website-nya :
AMAZON (amazon.com)
EBAY (ebay.com)


c. C2C
adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

contoh website-nya :
ELVINMIRADI (elvinmiradi)

d. B2G
Suatu derivatif dari pemasaran B2B dan sering ditunjuk sebagai definisi pasar dari “pemasaran sektor publik” yang meliputi produk dan layanan pemasaran kepada para agen pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran yang terintegrasi, seperti hubungan masyarakat strategis, branding, marcom, periklanan, dan komunikasi berbasis web.


e. C2B ( Consumer to Bussiness )
Adalah merupakan individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksiContoh Website E-Commerce yang berbentuk C2B adalah priceline.com.

f. G2G
Contoh site G2G adalah www.MarketNewZealand.com milik Departemen Perdagangan negara NewZealand , didalam situs ini terdapat pilihan untuk membeli barang dari NewZealand dan menjual barang ke NewZealand dalam hal ini adalah ekspor dan impor. Secara garis besar kegiatan yang ada di situs ini ada 2 kegiatan utama seperti yang terpampang di menu utama, yaitu “Buy from NZ” untuk impor barang dan “Export from NZ” untuk ekspor barang.
 
Sumber:
 
http://blog.ub.ac.id/ryanhegar/2013/10/10/contoh-e-commerce-b2b-b2c-b2g-c2c-c2b-dan-g2g/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar