Minggu, 23 Desember 2012

CONTOH KALIMAT DALAM PERHUBUNGAN ANTARMAKNA

Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinonim bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata.

Contoh: 


Bertemu = Berjumpa

Saya senang bertemu dengan teman lama saya. 
Saya senang berjumpa dengan teman lama saya. 

Berbohong = Berdusta 

Anak kecil itu sering berbohong kepada ibunya. 
Anak kecil itu sering berdusta kepada ibunya

Bunga = Kembang

Saya selalu memberikan bunga kepada kekasih saya.
Saya selalu memberikan kembang kepada kekasih saya.



Antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata. 

Contoh:

Tinggi > < Pendek

Wahyu memiliki tubuh yang tinggi, sedangkan Dina memiliki tubuh yang pendek.

Kaya > < Miskin

Ibu Tono orang yang kaya, sedangkan adiknya ibu Tono orang yang miskin.

Keras > < Lembek

Nasi yang saya masak keras dibandingkan nasi yang diberikan oleh tetangga saya lembek sekali.



Homonim adalah suatu kata yang memiliki makna yang berbeda tetapi lafal atau ejaan sama. Jika lafalnya sama disebut homograf, namun jika yang sama adalah ejaannya maka disebut homofon.

Contoh:

Apel - Apel

Setiap senin pagi ibu saya melaksanakan apel di kantornya.
Wahyu senang memakan apel.

Masa - Massa

Guci itu adalah peninggalan dari masa kerjaan majapahit.
Kasus pembunuhan yang menhebohkan itu dimuat di media massa.



Polisemi adalah kata-kata yang memiliki makna atau arti lebih dari satu karena adanya banyak komponen konsep dalam pemaknaan suatu kata.

Contoh:

- Kepala

Guru olahraga SD Ciracas sekarang menjabat sebagai kepala sekolah.
Kepala anak kecil tersebut sakit karena terbentur tembok.
Tiap kepala harus membayar uang sumbangan untuk sekolah.
Pak Joko membuat kepala surat untuk pengumuman rapat guru di sekolah.



Hiponim adalah suatu kata yang mengandung pengertian hubungan hierarkis atau suatu kata yang maknanya tercakup dalam kata atau frasa lain yang lebih umum. 

Contoh:

Wahyu senang sekali memakan kue bolu, apem, nastar, biskuit, bika ambon, serabi, lapis, bolu kukus, bronis.

Ikan yang sering dikonsumsi oleh Wahyu adalah lele, mas, bandeng, mujaer, tongkol, tuna, salmon, tenggiri, kakap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar