Sejarah Awal
Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay
menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat
program gambar komputer. Dia mengajukan dan mengikutsertakan program
yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains sekolah. Setelah dia
menang, program buatannya menarik perhatian bagi pengembang software
lokal Charlie Jackson. Jackson sedang dalam proses memulai sebuah
perusahaan yang dikenal sebagai Silicon Pantai Software, yang akan
menghasilkan program untuk jenis komputer Macintosh. Dengan sedikit dana
yang tersedia untuk mempekerjakan para pengembang berpengalaman,
Jackson Gay disewa untuk membantu menciptakan program-programnya.
Peluncuran FutureWave
Gay bekerja di Silicon Beach sampai
akhir kuliah. Ia mengembangkan sejumlah permainan komputer untuk
perusahaan, termasuk yang populer “Dark Castle” dan juga sebuah program
ilustrasi yang disebut Intellidraw. Dengan menggunakan keterampilan
grafis animasinya lalu ia belajar mengembangkan program-programnya, Gay
memutuskan untuk memulai perusahaannya sendiri dan membuat perangkat
lunak untuk komputer pena/pen (sebuah tablet elektronik yang bisa
dipakai untuk menulis dengan pena khusus). Ia mendirikan FutureWave Software
pada Januari 1993 dan dengan segera membuat SmartSketch. Program ini
memungkinkan pengguna untuk menggambar secara elektronik pada komputer
mereka dan sedikit berhasil karena Gay terlambat masuk ke pasar tersebut
sehingga kalah saingan dengan senior-seniornya.
Membuat Flash
Pada tahun 1995, para pengembang di
FutureWave menyadari potensi untuk menggunakan animasi SmartSketch
sebagai alat. Pada waktu itu, Internet dan World Wide Web adalah konsep
yang relatif baru. Gay dan timnya menambahkan fitur animasi dan Java
pada SmartSketch dan menamainya sebagai FutureSplash Animator. Program
ini merupakan versi pertama dari program Flash yang kita gunakan saat
ini. Sebelum peluncuran FutureSplash, Gay memutuskan dia akan lebih
sukses jika bermitra dengan perusahaan yang lebih besar. Dia berbicara
dengan Adobe dan Fractal Designs. Tetapi mereka berdua tidak tertarik
dan berkesan dengan program buatan Jonathan Gay. Di musim panas 1996,
unit pertama FutureSplash Animator terjual kepada publik.
Macromedia
FutureSplash animator yang begitu sukses
di pasar komputer dan Microsoft mendekati para pengembang hanya dalam
beberapa bulan dari rilis program tersebut. Microsoft merencanakan versi
online dari MSN dan percaya bahwa FutureSplash akan memberikan kualitas
grafis terhalus dan tertinggi. Disney Online juga menggunakan program
tersebut untuk mengembangkan situs web mereka. Pada bulan November 1996,
Macromedia menawarkan untuk membeli program dan pada bulan Desember Gay
menerimanya. Macromedia memendekkan nama produk tersebut menjadi Flash
dan mempekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President.
Adobe
Selama dekade berikutnya, Macromedia
merilis versi delapan Flash. Pada tahun 2005, program ini sudah
dilengkapi dengan berbagai fitur/tool untuk melakukan streaming musik
dan video dan secara luas digunakan untuk berbagai aplikasi animasi dan
grafis. Pada akhir tahun 2005, Adobe Systems mengakuisisi Macromedia,
termasuk program Flash mereka yang telah berjalan lebih dari satu dekade
sebelumnya. Pada tahun 2007, Adobe meluncurkan versi baru yang dikenal
sebagai Flash CS3, yang dimulai sebagai bagian dari Adobe Creative Suite
paket.
Sumber:
http://www.adobe.com/macromedia/events/john_gay/page04.html
http://www.flashmagazine.com/news/detail/the_flash_history/
http://www.mediacollege.com/adobe/flash/player/version/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar