Contoh aplikasi multimedia dalam bidang online
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya. Contohnya facebook, twitter, yahoo messenger dan lain sebagainya.
Game online
adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Game online dimainkan
dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkan
radiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan
sakit kepala.
Game online adalah game yang menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Contohnya point blank, ragnarok, counter strike, ayo dance dan lain sebagainya.
Game online adalah game yang menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Contohnya point blank, ragnarok, counter strike, ayo dance dan lain sebagainya.
Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada
mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka yang nyaman di depan komputer.
Bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari.
Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online
dengan menggunakan media internet.
Bila saat ini teman-teman memiliki sesuatu yang dapat dibisniskan dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan besar teman-teman dapat juga membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya teman-teman memiliki usaha sablon kaos dan selama ini kaos tersebut dipajang di outlet teman-teman di pinggir jalan, maka
kemungkinan besar teman-teman dapat mengembangkan usaha tersebut dengan membuka toko kaos sablon di dunia maya. Bila demikian, maka teman sudah menjalankan yang namanya “bisnis online”.
Pada dasarnya konsumen mereka dapat membeli barang apa saja dari toko online. Berbagai produk tersedia, mulai dari buku, pakaian, alat rumah tangga, mainan, perkakas, software dan bahkan asuransi. Itu pun hanya merupakan sebagian
kecil dari ribuan produk yang dapat dibeli oleh konsumen melalui
internet. Contonya tokobagus.com, berniaga.com dan lain sebagainya.
Majalah online
adalah seperti beberapa fitur dengan blog dan juga dengan koran online,
tetapi biasanya dapat dibedakan oleh pendekatan kendali editorial.
Majalah biasanya memiliki editor atau dewan editorial yang meninjau
pengajuan dan melakukan fungsi pengawasan mutu untuk memastikan bahwa
semua material memenuhi harapan para penerbit (yang menginvestasikan
waktu atau uang dalam produksi) dan pembaca.
Majalah
online yang merupakan bagian dari World Wide Web, yaitu, semua atau
bagian dari situs web, juga disebut webzines. Ezine (juga dieja e-zine
dan biasanya pengucapan / izi ː
n /) adalah istilah umum yang lebih sering diterapkan pada majalah dan
newsletter kecil didistribusikan oleh metode elektronik apapun,
misalnya, melalui surat elektronik (e-mail/email).
Beberapa
kelompok-kelompok sosial dapat menggunakan istilah cyberzine dan
hyperzine ketika mengacu pada sumber daya didistribusikan secara
elektronik. Demikian pula, beberapa majalah online dapat merujuk kepada
diri mereka sebagai "majalah elektronik" untuk mencerminkan demografi
pembaca mereka, dan yang lebih penting untuk menangkap istilah dan ejaan
alternatif dalam pencarian online.
Sumber:
research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/view/2427/764
elib.unikom.ac.id/download.php?id=104505
http://my.opera.com/mfahrul/blog/show.dml/10712381
http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar